Kamis, 28 Februari 2013

FUNGSI VLOOKUP dan HLOOKUP


Rumus fungsi ini digunakan untuk mencari nilai berdasarkan tabel ketentuan.
VLOOKUP : mencari nilai, dimana tabel ketentuannya beberbentuk vertical (datanya tersusun kebawah) 
HLOOKUP : mencari nilai, dimana tabel ketentuannya beberbentuk horizontal (datanya tersusun mendatar). 
Rumus Vlookup 
= VLOOKUP(sel yang diuji, tabel ketentuan, nomor index kolom
Contoh Soal 1 
clip_image001 
Langkah pengisian Nama Barang 
1. Tempatkan penunjuk sel pada sel C6 
2. Ketikkan rumusnya : 
   =VLOOKUP(B6,$B$16:$C$18,2) 
3. Copy hasil tersebut sampai data terakhir 

Contoh Soal 2 
clip_image002 
Langkah pengisian Harga Satuan 
1. Tempatkan penunjuk sel pada sel D6 
2. Ketikkan rumusnya : 
    =VLOOKUP(B6,$B$16:$D$18,3) 
3. Copy hasil tersebut sampai data terakhir 
Rumus Hlookup 
= HLOOKUP(sel yang diuji, tabel ketentuan, nomor index baris
Contoh Soal 1 
clip_image003 
Langkah pengisian Nama Barang 
1. Tempatkan penunjuk sel pada sel C6 
2. Ketikkan rumusnya : 
   =HLOOKUP(B6,$B$15:$E$16,2) 
3. Copy hasil tersebut sampai data terakhir 
Contoh Soal 2 
clip_image004 
Langkah pengisian Harga Satuan 
1. Tempatkan penunjuk sel pada sel D6 
2. Ketikkan rumusnya : 
   =HLOOKUP(B6,$B$15:$E$17,3) 
3. Copy hasil tersebut sampai data terakhir 


CONTOH APLIKASI PENGGUNAAN TABEL PIVOT 
Pivot table digunakan untuk melakukan rekapan perhitungan berdasar data yang ada. 
Contoh Soal 
Silahkan anda mengetikkan data berikut 
clip_image002[4] 
Kalau anda ditanya berapa pengeluaran jumlah pengeluaran tiap bulan bagaimana anda menyelesaikannya? Contoh lain berapa pengeluaran per jenis aktivitas selama satu tahun, berapa beban kerja penanggung jawab per bulan dan lain lain. Nah disinilah fungsi pivot table akan digunakan. Apalagi kalau jumlah datanya sangat banyak, ribuan data, maka fungsi pivot tabel akan sangat berguna bagi anda. 


Penggunaan Pivot Table 
Untuk menggunakan pivot table caranya silahkan klik menu insert  pivot table seperti pada gambar berikut 
clip_image003[5] 
Setelah anda mengklik pivot tabel akan muncul tampilan 
clip_image005 
Klik Select a table or range, klik dibawah kanannya, kemudian sorot data yang ingin dibuat pivot table seperti pada gambar berikut 
clip_image007 
Kemudian pilih lokasi hasil pivot table di existing worksheet seperti pada gambar berikut 
clip_image009 
Lalu klik OK. Kalau tahap anda benar, maka akan muncul menu pivot tabel seperti pada gambar berikut 
clip_image011 
Untuk membuat pengeluaran per bulan, anda cukup memasukkan bulan di row label dan nilai di value, 
clip_image013 
Perhatikan, pivot tabel sudah menghitungkan untuk anda jumlah pengeluaran tiap bulan 
Kalau kombinasi misalnya pengeluaran per bulan per jenis aktivitas, maka anda tinggal memasukkan jenis aktivitas di column labels seperti pada gambar berikut 
clip_image015 
Untuk merapikan hasil, gunakan format cell. Berikut contoh hasil perhitungan yang sudah dirapikan 
clip_image017

2 komentar: